MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP

Materi SMP - Fisika SMP ini dibuat sebagai salah satu referensi cepat bagi siswa agar dapat memahami apa saja dasar-dasar Materi IPA Fisika yang akan dipelajari di SMP.
MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP

Materi IPA Fisika SMP kami kelompokkan menjadi beberapa bab atau materi yang diajarkan.

1. Besaran dan pengukuran


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP
Pada materi besaran dan pengukuran tidak ada rumus fisika yang muncul. Pada materi ini lebih banyak pada konversi satuan. Rumus yang ada pada materi pengukuran bukan rumus fisika tetapi matematika, seperti saat menghitung luas maupun volume benda dari hasil pengukuran. Kalaupun harus menentukan massa jenis (massa jenis = massa dibagi volume) lebih difokuskan pada pengukuran massa dan penghitungan volume bendanya.

2. Zat dan Wujudnya


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP 
Pada materi zat dan wujudnya, satu-satunya rumus yang muncul adalah massa jenis. Massa jenis ini didefinisikan sebagai massa dibagi volume. Kadang juga muncul pertanyaan mengenai berat jenis (s). Berat jenis ini didefinisikan sebagai berat dibagi volume.

3. Suhu dan Pemuaian


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP 
Mempelajari konversi skala termometer C : F : R dan K. Pada blog ini akan kami coba menjelaskan bagaimana cara konversi skala termometer dengan cara yang berbeda yang dijelaskan di buku pelajaran sekolah selama ini, termasuk jika ada termometer baru yangharus dikonversi ke skala termometer yang sudah ada.

Pada materi pemuaian, setidaknya ada 3 jenis rumus yakni pemuaian panjang, pemuaian luas dan pemuaian volume. Ketiga rumus ini sangat mudah dihapalkan karena memang bentuknya sama, hanya beda simbol saja. Misalnya L untuk panjang, A untuk luas dan V untuk volume.

4. Kalor


Pada materi kalor ada dua rumus dasar fisika yang perlu diketahui yaitu kalor yang dibutuhkan saat terjadi perubahan wujud serta kalor yang dibutuhkan saat perubahan suhu.

5. Gerak dan Gaya


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP
Pada materi gerak, rumus fisika dasar yang wajib diketahui adalah hubungan antara perpindahan (atau jarak), kecepatan (atau kelajuan) dan waktu. Hubungan ini dalam gerak lurus beratur dikenal sebagai s = v. t atau v = s/t. Sedangkan untuk geral lurus berubah beraturan (GLBB) diawali dengan memahami konsep percepatan yang didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dibagi waktu. Dari rumus ini dapat diturunkan rumus : v= v0 + a.t atau s = v0.t + ½ at2.

Pada materi gaya, dikenal rumus F = m. a atau a = F/m. Rumus ini merupakan bentuk matematik dari hukum II Newton. Dalam beberapa kasus juga ditemukan soal-soal fisika yang membutuhkan hubungan antara gaya dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

6. Tekanan


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP 
Pada materi tekanan dapat dibagi dalam 3 materi yaitu tekanan zat padat, tekanan zat cair serta tekanan gas. Pada tekanan zat padat dikenal rumus P = F/A (tekanan sebagai hasil bagi gaya dengan bidang tekannya).

Pada tekanan zat cair dikenal adanya tekanan hidrostatis, hukum Pascal maupun hukum Archimedes. Ketiganya gampang untuk dibedakan dan pemahaman rumus dasar tekanan akan sangat membantu dalam memahami antara tekanan hidrostatis, hukum Pascal maupun Archimedes.

7. Energi, Usaha dan Daya


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP 
Materi energi, usaha, dan daya dalam fisika merupakan materi yang saling berhubungan. Materi usaha juga berhubungan dengan gaya yang dapat dirumuskan sebagai : W =F. S (usaha = gaya x perpindahan). Usaha juga dapat diartikan sebagai perubahan energi. Terkait dengan materi energi ada 2 rumus fisika yang wajib diketahui yaitu energi potensial (EP = m g h) dengan energi kinetik (EK=½mv2). dan penerapan hukum kekekalan energi.

Daya dapat diartikan sebagai usaha dibagi waktu (P = W/t). Daya juga dapat diartikan sebagai kecepatan untuk melakukan usaha (P = F .v).

8. Getaran, Gelombang, dan Bunyi


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP
Untuk materi getaran, rumus fisika dasar yang wajib dipahami dengan baik yaitu menentukan periode atau frekuensi serta hubungan di antara ke duanya.

Sedangkan untuk materi gelombang, selain memahami periode dan frekuensi juga harus memahami cepat rambat gelombang. Cepat rambat gelombang sebenarnya sama dengan rumus kecepatan yang biasa, yaitu v = s/t. Cuma dalam materi gelombang jarak s-nya diganti dengan panjang gelombang (λ), sedangkan waktu t digantikan dengan periode (T). Jadi bukan hal yang susah kan?

9. Optik dan Alat Optik


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP
Untuk materi optik dikenal hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus. Teman-teman tentunya hapal. Cuma kadang malas mengerjakan soal-soal optik karena harus menyamakan penyebutnya dan sebagainya. Di samping itu ada juga hubungan antara tinggi benda, tinggi bayangan, jarak benda, jarak bayangan dengan perbesaran bayangan (M).

Pada materi alat optik dikenal istilah kekuatan lensa. Ya memang menentukan kekuatan lensa ini sering ditanyakan dalam berbagai soal, termasuk juga variasi di dalamnya misalnya menentukan titik dekat mata ketika tidak memakai kacamata.

10. Listrik Statis


Memperkenalkan hukum Coulomb dalam menghitung gaya interaksi dua muatan berdekatan.

11. Listrik Dinamis


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP
Konsep dasar materi listrik dinamis ini kudu memahami hukum Ohm (I = V/R) serta hukum Kirchoof (khususnya hukum I Kirchoof untuk level soal SMP). Hal lain yang perlu dikuasai dengan baik adalah hubungan antara V, I, dan R dalam rangkaian seri, paralel atau campuran.

12. Kemagnetan


Pada materi kita bahas gaya Lorentz, dan untuk materi induksi elektromagnetik kudu paham dengan baik hubungan antara jumlah lilitan, tegangan dan kuat arus pada transformator.

13. Tata Surya


MATERI IPA FISIKA SMP DI BLOG MANTANSMP 
Pada materi tata surya, kita belajat tentang planet, Atmosfer, Hidrosfer, Litosfer, dll